Ekbis

Tips Hemat Ala Anak Kost yang Bisa Ditiru Siapapun

 Jumat, 08 Juli 2022, 11:10 WITA

bbn/https://www.pexels.com/photo/person-putting-coin-in-a-piggy-bank-3833052/

IKUTI BERITAGIANYAR.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritagianyar.com, Gianyar. 

Mengatur keuangan dengan bijak sering menjadi tantangan tersendiri untuk anak rantau. Namun jika berhasil menerapkan gaya hidup hemat, dijamin akan membuat Anda tetap sejahtera hingga akhir bulan. Hal inilah yang membuat Anda harus tahu bagaimana tips hemat anak kost yang tepat.


Tinggal sendiri di kosan memberikan kesan mandiri dan pastinya tidak sama seperti tinggal bersama orang tua. Jika Anda masih tinggal dengan keluarga, Anda bisa meminta uang saku kapan saja. Beda halnya saat sudah tinggal sendiri, biasanya keuangan lebih ditata sehingga mengharuskan Anda untuk melakukan manajemen pengeluaran dengan rapi.

Untuk menghindari masalah keuangan yang bisa menjumpai Anda dalam satu bulan, silakan simak ulasan yang akan kami bahas di bawah ini. Tentunya tentang apa saja cara class="linktag" href="https://www.beritagianyar.com/tag/hemat-ala-anak-kost">hemat ala anak kost agar dapat tetap makan enak hingga akhir bulan. Let’s check this out!

Cara Hemat Anak Kost, Anti Kere di Akhir Bulan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan sebagai anak kost untuk berhemat. Namun cara-cara tersebut tidak akan berhasil jika tidak dibekali dengan niat yang kuat untuk hidup sederhana. Sehingga sebelum melakukan beberapa tips di bawah ini sebaiknya Anda kuatkan tekad untuk hidup hemat selama satu bulan.

frameborder="0" height="315" scrolling="no" src="https://www.dailymotion.com/embed/video/x8aslfu?autoplay=1" width="100%">

Nah jika sudah memiliki motivasi kuat, selanjutnya lakukan 6 tips berhemat alat kost seperti di bawah ini. 

1. Buat Daftar Pengeluaran

Pada langkah pertama Anda harus membuat daftar pengeluaran untuk satu bulan terlebih dulu. Pastikan menyusun anggaran bulanan sesuai budget anggaran dan tidak melebihi jatah uang saku dari orang tua. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa berlatih hidup dengan keuangan teratur.

Daftar pengeluaran tersebut harus tersusun dengan rapi mulai dari kebutuhan primer hingga anggaran untuk liburan. Kemudian lihat berapa total uang yang harus dikeluarkan agar bisa langsung menyisihkan budget. Tentunya untuk keperluan terpenting seperti biaya kos, uang kuliah, belanja bulanan, dan listrik.

2. Hindari Kegiatan Tidak Penting

Meskipun Anda memberikan anggaran tersendiri untuk pergi liburan, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering melakukan kegiatan seperti itu karena dapat membuat kondisi keuangan membengkak. Sehingga tidak cukup memenuhi kebutuhan akhir bulan.


Halaman :