Wisata

RSUD Sanjiwani Mendapat Cadangan Pasokan Listrik dari PLTS

 Sabtu, 30 Oktober 2021, 09:50 WITA

beritabali.com/ist/RSUD Sanjiwani Mendapat Cadangan Pasokan Listrik dari PLTS

IKUTI BERITAGIANYAR.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritagianyar.com, Ubud. 

Operasional RSUD Sanjiwani kini mendapat energi listrik cadangan selain dari PLN yakni dengan menggunakan panel surya atau PLTS. 

Saat siang hari, secara keseluruhan kebutuhan listrik bersumber dari sinar matahari. Listrik PLN hanya digunakan saat malam hari. Kabid Penunjang Non Medis RSUD Sanjiwani, Ida Bagus Kusuma Putra menjelaskan panel surya terpasang di atap gedung lantai 5. Jumlahnya 48 panel. 

"Dipasang secara umum untuk memback up kebutuhan listrik di bangunan RSUD Sanjiwani yang baru," jelasnya saat ditemui Jumat (29/10).

Pemasangan panel surya dirasa cukup membantu. "Kita menggunakan 100 kVa dibantu panel tenaga surya. Terutama di siang hari. Pastinya akan sangat membantu," ujarnya.

Dijelaskan, panel surya itu bekerja dengan sistem mengumpulkan tenaga matahari diatas dengan lempengan atau solar cell. Kemudian tenaga surya yang telah terkumpul diolah menjadi listrik. 

"Seperti inverter, listrik yang didapat tergantung dari tenaga surya yang diolah, setelah diuji selama 1 bulan rata-rata hasilnya diatas 94 kVa per hari dari pagi sampai siang," paparnya.


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV