News

Ratusan Ayam Ternak Dicuri di Gianyar, Pelaku Sulit Terungkap

 Rabu, 11 Agustus 2021, 19:50 WITA

beritabali/ist/Pencurian hewan ternak ayam dan bebek di Gianyar.

IKUTI BERITAGIANYAR.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritagianyar.com, Blahbatuh. 

Aksi pencurian ratusan ternak ayam dan bebek semakin membuat resah masyarakat Gianyar di masa sulit pandemi Covid-19.

Seperti aksi pencurian di beberapa kandang ternak area Subak Pindah, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh baru-baru ini. Mirisnya, pelaku pencurian tidak pernah terungkap. Di samping itu, pihak korban juga bingung bagaimana melaporkan pencurian ternak ini. 

Peternak I Made Diarta mengatakan aksi pencurian ternak terjadi beberapa hari terakhir. Tidak saja di satu kandang, melainkan beberapa kandang milik peternak lain juga digondol maling. 

"Beberapa hari terakhir, puluhan ternak kami, ada ayam dan bebek hilang," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (11/8). 

Bahkan kebanyakan ternak yang dicuri sudah cukup bisa dijual ke pasaran. Made Diarta alias Sangut mengaku tidak menyangka dengan kejadian yang dialaminya. Sebab ternak yang ia pelihara sudah siap dijual. 

"Bebek dan Ayam yang saya pelihara sudah bisa dijual. Pagi saya tengok hanya tinggal kandang saja," ujarnya. 

Diarta kaget, sebab ternak peliharaanya baru akan diberi pakan sebelum dijual. Namun saat tiba di kadang ternaknya, ia melihat pintu kandang sudah terbuka. Kunci gemboknya juga dicongkel. Setelah ditengok hanya tinggal kandang saja, puluhan ternaknya raib. Di dalam kandang itu, terdapat 18 bebek dan 15 ayam. 

Serta 2 pengina (ayam betina). Jika dijual, Bebek satu ekor biasanya kisaran Rp 65.000. Ayam per ekor Rp 35.000 dan ayam Betina Rp 40.000 per ekor. Total kerugiannya diperkirakan ratusan ribu rupiah. 

"Ini hanya sisa satu ayam saja, mungkin ayam ini tidak ditemukan," ujarnya. 

Diarta mengatakan, warga lain menjadi ikut sudah resah dengan kejadian ini. Sebab hilangnya ternak warga tersebut bukan pertama kali saja. Namun telah terjadi berulang-ulang. 

"Sudah banyak warga kehilangan disini, tiga hari yang lalu bebek milik Jro Mangku Dalem Pinda juga hilang sebanyak 14 ekor. Setelah disana nyambung ke tempat tyang," ungkapnya. 


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022